air terjun lembah anai

Blog Widget by LinkWithin

Air Terjun Lembah Anai mengalir cukup deras dari ketinggian lereng tebing rimbun di sebelah kiri tepian jalan Padang – Bukittinggi yang berkelok dan berpemandangan indah, pada sekitar GPS: -0.483661, 100.338440. Kendaraan pengunjung bisa leluasa diparkir di tepian jalan, beberapa meter sebelum jalan masuk ke Air Terjun Lembah Anai ini.

Alih-alih masuk ke kawasan Air Terjun Lembah Anai, saya menyusur rel kereta api yang berada di seberang Air Terjun Lembah Anai, berharap bisa mendapatkan sudut pandang yang baik. Sayang hujan turun cukup deras tidak lama setelah kami tiba di Air Terjun Lembah Anai ini, sehingga terpaksa buru-buru kembali ke dalam mobil dan melanjutkan perjalanan.

Air Terjun Lembah Anai
Tidak berapa jauh sebelum kami tiba di Air Terjun Lembah Anai, segerombolan kera kecil dan besar terlihat berlalu lalang di pinggir jalan raya, bermain sambil menengok setiap pengendara yang lewat, berharap ada yang berbaik hati melemparkan makanan.

Air Terjun Lembah Anai
Seekor induk monyet bertengger di sebuah dahan berbuah lebat, memeluk anaknya yang menggelayut nyaman di bagian perutnya yang berbulu, tidak jauh dari lokasi Air Terjun Lembah Anai.

Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah Anai yang berada tepat di ujung sebuah kelokan jalan Padang – Bukittinggi sudah terlihat dari kejauhan, karena letaknya yang terbuka, ketinggiannya yang mencapai sekitar 40 m, dan kucuran airnya yang cukup deras mengalir dari atas tebing.

Air Terjun Lembah Anai
Beberapa pengunjung tampak berdiri bergerombol di depan tangga masuk ke dalam kawasan Air Terjun Lembah Anai. Sebuah papan peringatan memberitahukan pengunjung agar tidak lewat jalan raya dan jembatan untuk berkunjung ke Air Terjun Lembah Anai, tampaknya karena lalu lintas kendaraan yang padat sehingga bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Air Terjun Lembah Anai
Puncak Air Terjun Lembah Anai yang aliran airnya berasal dari Gunung Singgalang (2,877 m), sebuah gunung yang sudah tidak aktif lagi dan kaya akan kandungan air. Dari Singgalang, airnya mengalir melewati kawasan hutan lindung Cagar Alam Lembah Anai yang subur.

Air Terjun Lembah Anai
Sebuah kolam berukuran cukup besar terbentuk di dasar Air Terjun Lembah Anai. Tidak diketahui seberapa dalam kolam Air Terjun Lembah Anai ini.

Air Terjun Lembah Anai
Melihat Air Terjun Lembah Anai yang mengalir jernih pada waktu dimana hujan masih sering turun, bisa merupakan indikasi bahwa bagian hulu sungainya masih cukup terjaga dengan baik.

Air Terjun Lembah Anai



Jalan kereta api dengan rel bergerigi di bagian tengahnya, berada di seberang Air Terjun Lembah Anai, dibangun pada 1881 oleh Belanda sebagai jalur pengangkut batubara dari Sawahlunto ke Emma Haven (Pelabuhan Teluk Bayur) di Padang sepanjang 155,5 km. Melihat rerumputan yang tumbuh, tampaknya rel ini sudah tidak dilewati selama beberapa waktu, meskipun kabarnya jalur kereta ini telah dijadikan jalur untuk kereta wisata.

Air Terjun Lembah Anai


Sayang sekali tidak cukup waktu untuk mengeksploarasi lebih jauh tempat-tempat di sekitar Air Terjun Lembah Anai ini karena hujan telah turun mengguyur, yang membuat saya harus bergegas masuk ke dalam kendaraan. Belum ada kesempatan untuk melihat Air Terjun Lembah Anai dari jarak yang lebih dekat, atau menyusur sungai Batang Anai di bawahnya.


About The Author:

Penulis: M.Joko Lukito
Mari budayakan berkomentar baik berupa Kritik, Saran, maupun Pertanyaan untuk menjadikan blog ini lebih baik ke depannya. Copy-Paste artikel M.Joko Lukito Di ijinkan, tapi URL sumbernya disertakan.
Terima Kasih.. Follow me on Twitter Di Sini Add me on Facebook Di Sini.

0 komentar:

mengatakan...

KomentarImage Silahkan Menuliskan Komentar Anda pada opsi Google/Blogger Untuk Anda yang memiliki Akun Google/Blogger.

Silahkan Pilih Account yang sesuai dengan Blog/Website anda Dan Jika Anda Tidak Memiliki Account Apapun Maka Pilihlah Komentator Sebagai Anonymous...Terima Kasih.