air terjun kake bodo-makam kake bodo

Blog Widget by LinkWithin

Apabila kita hendak mendaki gunung Arjuna atau gunung Welirang melalui Jalur Tretes, maka kita akan melewati air terjun Kakek Bodo. Pemandangan di sekitar air terjun sangat indah, juga terdapat Taman untuk bersantai maupun bumi perkemahan yang ramai dikunjungi para remaja. Hawa yang sejuk berkisar antara 12°-18°C dengan jalan yang berliku dan menurun agak terjal memberikan pengalaman tersendiri bagi muda-mudi maupun orang tua.
Air terjun Kakek Bodo berada pada ketinggian 850 mdpl, di kawasan wisata Tretes. Dapat ditempuh dari Surabaya dengan jarak sekitar 51 km kearah Malang. Atau dari Malang dengan jarak tempuh 70km. Dari Surabaya kita naik bus jurusan Malang atau sebaliknya, turun di Pandaan dan ganti kendaraan ke jurusan Tretes. Kendaraan yang menuju kawasan wisata Tretes ini berupa Izusu L300 yang berhenti di pertigaan Pasar Buah Tretes. Dengan tarif Rp.5.000,- per orang. Turun di depan hotel Tanjung.
Di perjalanan menuju Tretes terdapat sebuah Candi Jawi peninggalan jaman Hindu. Banyak terdapat hotel dan vila-vila di kawasan Tretes. Terdapat tempat pembiakan rusa di pintu masuk kawasan air terjun Kakek Bodo. Di malam hari para pendaki yang beristirahat di pos pendakian gn.arjua welirang dapat bersantai sambil menikmati jagung bakar.
Air terjun Kakek Bodo ini juga terkenal diantara para pejiarah karena terdapat makam keramat Kakek Bodo yang terletak di dekat air terjun. Selain itu terdapat gua untuk bertapa yang berada di bawah air terjun.
Menurut cerita penduduk setempat "Kakek Bodo" dahulunya adalah seorang pembantu rumah tangga keluarga Belanda. Dia seorang yang saleh dan jujur. Dia meninggalkan keluarga Belanda tersebut untuk mensucikan diri meninggalkan masalah keduniawian dengan bertapa. Karena sikapnya ini keluarga Belanda yang ditinggalkannya menyebutnya sebagai kakek yang bodoh (Kakek Bodo).
Berkat bertapanya sang kakek memiliki kelebihan/kesaktian yang digunakan untuk membantu masyarakat setempat yang meminta pertolongan. Kakek Bodo meninggal di tempat bertapa. Makamnya sampai sekarang dikeramatkan oleh penduduk setempat dan banyak dikunjungi para pejiarah dari berbagai kota besar. Menurut sang juru kunci, makam Kakek Bodo juga sering dikunjungi para pejabat dan pembesar. Ketika Tim merbabu.com melakukan jiarah di makam Kakek Bodo sangat terasa suasana dan kekuatan magis. Perasaan tenang, damai dan sejuk terasa merasuk dan memenuhi jiwa.


About The Author:

Penulis: M.Joko Lukito
Mari budayakan berkomentar baik berupa Kritik, Saran, maupun Pertanyaan untuk menjadikan blog ini lebih baik ke depannya. Copy-Paste artikel M.Joko Lukito Di ijinkan, tapi URL sumbernya disertakan.
Terima Kasih.. Follow me on Twitter Di Sini Add me on Facebook Di Sini.

0 komentar:

mengatakan...

KomentarImage Silahkan Menuliskan Komentar Anda pada opsi Google/Blogger Untuk Anda yang memiliki Akun Google/Blogger.

Silahkan Pilih Account yang sesuai dengan Blog/Website anda Dan Jika Anda Tidak Memiliki Account Apapun Maka Pilihlah Komentator Sebagai Anonymous...Terima Kasih.