jalan sore di pantai indah kapuk

Blog Widget by LinkWithin

Bosan akan wisata Jakarta yang ML2 (Mal Lagi Mal Lagi)? Coba ikuti langkah kami menyambangi beberapa tempat di sekitar Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta. Tidak jauh, namun bisa membuat Anda lupa sesaat bahwa Anda hanyalah 15 menit jauhnya dari Tol Dalam Kota. Dan sebenarnya sudah seringkali saya (mungkin juga Anda?) menikmati foto yang berlokasi di sekitar PIK. Tapi belum sekalipun pernah mengekplorasi daerah utara sana.

Hingga hari Minggu lalu.

Berbekal pencarian informasi via google dan juga tips dari Indra, akhirnya hari Minggu lalu saya dan nengDJ iseng-iseng jalan-jalan ke PIK. Tujuannya sih cuma ingin memuaskan keingintahuan. Syukur-syukur jika dapet spot yang bagus untuk foto-foto. Yaya, seperti kata Jeng Enda, ini salah satu alasan buat pacaran. Huehehe.. :))



1. Kawasan Eko Wisata Hutan Mangrove

Tempat pertama yang kami singgahi adalah sebuah kawasan wisata hutan bakau di dalam PIK. Hanya 10 menit dari keluar Tol yang menuju Bandara. Lokasi persisnya silakan liat di wikimapia.

Tempat ini –sesuai namanya– adalah hutan bakau yang dirambah menjadi tempat nongkrong dan mancing. Agak ramai memang. Bahkan di depan pintu masuknya banyak ditemui gerobak yang menjajakan berbagai macam makanan. Lumayanlah untuk jalan-jalan dan foto-foto. Untuk masuk, cukup menyetor retribusi Rp.1000,- per orang dan Rp.2000,- untuk parkir.

Spot foto yang menarik antara lain dermaga hijau yang membentang di atas kolam. Spot ini sering kali dijadikan tempat foto prewed. Selain itu juga bisa foto-foto di sepanjang jalan setapak dan pepohonan yang tumbuh tidak terlalu lebat; cukup memberikan kesan.. err.. ndeso dan nghutan.. :p

Sebagai informasi (berdasarkan penuturan bapak penjaganya), untuk melakukan shooting photo yang bersifat komersial (foto prewed misalnya), diperlukan izin terlebih dahulu dari pihak pengelola, beserta sejumlah dana yang harus dipersiapkan. Jumlahnya kurang jelas, karena yang bersangkutan mengaku tidak mengetahui persisnya. Namun jika ingin mencoba kongkalikong dengan bapak penjaganya, do it at your own risk! Saya sendiri sih kemarin cuma foto-foto iseng. Jadi dengan sedikit obrol-obrol, akhirnya diizinkan menjeprat-jepret nengDJ di dalam sana. Hihi.. :-)





2. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Tempat kedua pastinya adalah salah satu tempat favorit saya di Jakarta. Berjudul Taman Wisata Alam, tempat ini sebenarnya adalah pusat rehabilitasi bakau. Letaknya tak jauh dari Waterbom PIK. Silakan liat di Wikimapia untuk lebih jelasnya. Dan, jangan heran kalau jalan masuknya belumlah beraspal, karena tempatnya memang masih dalam pembangunan. Jika ingin berkunjung, cukup menjelaskan maksud kedatangan pada satpam yang menjaga, kemudian mengisi buku tamu. Belum ditetapkan biaya retribusi masuk kawasan, jadi cukup berderma sekedarnya untuk parkir.

Terus terang kami cuma sempat mengeksplorasi sebagian kecil dari tempat yang luasnya hampir 100 hektar ini (eh, bener ga ya?). Tapi saya sangat merekomendasikan tempat ini untuk Anda yang ingin lepas sejenak dari penatnya Jakarta.

Hiburan yang ada cukup beragam: dari berjalan-jalan di jembatan kayu di atas kolam (rawa?), melihat-lihat pepohonan bakau kecil yang baru saja ditanam, hingga melakukan penanaman bakau sendiri. Iya! Katanya sih menyenangkan. Dan dari melihat foto-foto kegiatan yang banyak terpampang di sana, agaknya saya setuju.

Selain itu, jika datang pagi hari, kita juga bisa melihat berbagai macam burung yang mencari makan di sana. Buat saya sendiri sih, ini tempat yang sangat apik untuk foto-foto. Apalagi tidak diperlukan birokrasi yang njelimet. Cukup mengisi buku tamu.. ;-)

Spot yang menarik buat saya adalah di sepanjang jembatan kayu. No doubt.





Selain itu saya juga menemukan satu lapangan yang di ujungnya terdapat tower penjaga. Sangat menarik dipadukan dengan mentari yang saat itu menjelang terbenam.





Jika ingin tahu lebih lanjut, bisa berkunjung ke websitenya : www.jakmangrove.org



3. Suaka Margasatwa Muara Angke

Untuk tempat yang ini, terus terang saya tidak sempat mengunjungi lokasinya langsung. Tapi letaknya juga tidak begitu jauh dari kedua tempat di atas. Untuk lebih jelasnya silahkan baca-baca informasinya di wikipedia dan lihat posisinya di wikimapia.

Berikut testimoni beberapa pengunjung sempat saya temukan.

Muara Angke Suaka Marga Sampah
Suaka Marga Satwa Muara Angke
Suaka Margasatwa Muara Angke: Berlian Yang Tersia-sia


Tertarik? Langsung kunjungi saja tempat-tempat di atas, dan laporkan hasil eksplorasi Anda.

Good luck! :-)


About The Author:

Penulis: M.Joko Lukito
Mari budayakan berkomentar baik berupa Kritik, Saran, maupun Pertanyaan untuk menjadikan blog ini lebih baik ke depannya. Copy-Paste artikel M.Joko Lukito Di ijinkan, tapi URL sumbernya disertakan.
Terima Kasih.. Follow me on Twitter Di Sini Add me on Facebook Di Sini.

0 komentar:

mengatakan...

KomentarImage Silahkan Menuliskan Komentar Anda pada opsi Google/Blogger Untuk Anda yang memiliki Akun Google/Blogger.

Silahkan Pilih Account yang sesuai dengan Blog/Website anda Dan Jika Anda Tidak Memiliki Account Apapun Maka Pilihlah Komentator Sebagai Anonymous...Terima Kasih.